Cara Mengolah Udang

Setelah membaca tips ini, memasak udang dijamin semudah membalikkan telapak tangan.

Si Bungkuk ini memang tampak serupa dari luar. Akan tetapi, rasa, tekstur, dan cara memasaknya berbeda-beda. Satu hal yang pasti, Anda harus menggunakan udang segar untuk mendapatkan rasa manis yang ia miliki. Udang juga tak boleh terlalu lama dimasak. Biasanya, udang berubah warna dalam hitungan menit. Jika hal ini sudah terjadi, segera angkat udang.

Trik Memasak

Rebus

Merebus udang adalah cara terbaik jika Anda ingin mengecap rasa manis dari udang.

Rebus air sampai mendidih dan beri sedikit garam dan cuka. Kecilkan api, masukkan udang, dan masak sampai udang berubah warna (pink  atau oranye) dan tidak mengilap. Udang kecil cukup direbus selama 3 menit, udang sedang selama 3 – 4 menit, udang besar sekitar 5 – 7 menit, dan udang yang sangat besar membutuhkan waktu 8 menit.

Panggang

Udang besar paling cocok dipanggang. Tapi, jika Anda menggunakan udang kecil untuk dipanggang, sebaiknya udang ditusukkan ke tusuk satai terlebih dulu.

Udang sebaiknya dipanggang setelah pangggangan panas dan beri jarak antar satu udang dengan yang lainnya. Untuk menambah rasa, oleskan minyak zaitun sedikit saja dan taburi garam, merica, dan bawang putih saat memanggang.

Sama halnya dengan merebus, udang cukup dipanggang selama 3 – 4 menit atau sampai berwarna pink . Udang juga cukup dibalik sekali.

Goreng

Udang yang telah dilumuri sedikit garam hanya membutuhkan sedikit minyak zaitun atau mentega untuk ditumis. Aduk sesekali selama lima menit atau hingga udang berubah warna. Agar maksimal, jangan menumis udang terlalu banyak dalam sekali memasak dan beri jarak supaya matang merata.

Cara Mengolah
● Keluarkan udang dari kemasan dan taruh di wadah berisi air dingin selama lima belas menit. Ganti airnya dengan air baru supaya udang lebih mudah dikupas.
● Belah punggung udang dan keluarkan “benang hitam” yang merupakan kotoran dari punggungnya.
● Jika Anda memasak udang bersama bahan lain, masukkan udang di saat terakhir karena udang cepat matang. Begitu pula jika Anda menambahkan udang matang ke sajian yang panas.
● Terlalu lama memasak udang akan membuat daging udang keras dan tidak terasa manisnya.
● Sejak kemasan dibuka, udang harus segera dipakai tidak lebih dari enam jam.
● Udang bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup setelah disirami air jeruk nipis atau air lemon.
● Sebelum dimasak, udang sebaiknya dikeluarkan dari kulkas tak lebih dari 10 – 15 menit.

Jenis Udang

Udang Jerbung
Jenis udang ini paling banyak tersedia di pasar tradisional. Warnanya putih bersemburat abu-abu gelap. Udang jerbung sebaiknya jangan dipanggang sebab susah dikupas.

Udang Putih
Dagingnya tetap putih meski sudah dimasak. Udang jenis ini mirip udang jerbung tapi lebih bersih. Si Putih ini biasanya dibuat sebagai campuran selada.

Udang Windu
Jangan tertipu penampilan luar udang windu yang berwarna hitam dan berkulit keras karena rasanya lezat. Jika direbus, warna hitam perlahan pudar dan berubah menjadi lebih terang.

Udang Galah
Warnanya kebiruan dan bercapit panjang serta berkepala besar. Harganya terbilang mahal dibandingkan jenis udang lain. Akan tetapi, kelezatannya tak tertandingi.

Cara Mengupas

Untuk udang cincang, pegang kepala udang, lalu patahkan kepalanya, dan lepaskan kulit dari badannya hingga bersih. Lain lagi jika Anda ingin menyisakan ekor udang. Setelah kepala udang dilepaskan, kupas kulit udang, tinggalkan satu senti kulit udang dari bagian ekornya.

Sumber : Nova

One thought on “Cara Mengolah Udang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s